banner 728x250

Berita  

Antisipasi Covid-19, Teknik Kimia Unifa Ciptakan Hand Sanitizer

Ratna Surya Alwi, PhD (Kaprodi Teknik Kimia Unifa)
Ratna Surya Alwi, PhD (Kaprodi Teknik Kimia Unifa).

bukabaca.id, Makassar – merebaknya Virus Corona jenis Covid-19 di Indonesia membuat kebutuhan masyarakat akan Hand Sanitizer begitu tinggi. Menyikapi hal itu, mahasiswa Teknik Kimia Universitas Fajar (Unifa) Makassar buat Hand Sanitizer di Laboratorium Kimia Unifa, Jalan Prof. Abdurrahman Basalamah, Kecamatan Panakkukang Kota Makassar, Senin (16/03/2020).

Produksi Hand Sanitizer untuk menunjang ketersediaan bagi Civitas Unifa. Pembuatan Hand Sanitizer dibenarkan Ketua Program Studi (Kaprodi) Teknik Kimia, Ratna Surya Alwi.

“Besok akan dibuat lagi, untuk sementara masih untuk kalangan kampus, dan Rektor juga mengutamakan untuk pemakaian di lingkungan kampus,” ujar Doktor lulusan Jepang itu.

Salah seorang mahasiswi Teknik Kimia Unifa, Selvi, mengaku proses pembuatan Hand Sanitizer terkendala akibat langkanya bahan dasar yang dibutuhkan. Tak hanya itu, harga bahan dasar pembuatan Hand Sanitizer juga mengalami kenaikan pasca diumumkannya Virus Corona jenias Covid-19 di Indonesia.

“Harga bahan tidak lagi seperti sebelumnya, jadi kita gunakan bahan yang tersedia dulu,” ujar Selvi salah seorang mahasiswa teknik kimia

Rencananya, produksi Hand Sanitizer di Unifa akan diproduksi secara massal. Akan tetapi, hal menjadi sebuah pertimbangan disebabkan beberapa kendala yang di hadapi mahasiswa, terutama pada biaya. Olehnya itu, para mahasiswa Teknik Kimia Unifa berharap pihak Rektorat bisa mengambil bagian pada proses pembuatan Hand Sinitizer tersebut.

“Saya berharap pihak Kampus merespon ini terutama persoalan dana. Karena Coronavirus Disease 19 (Covid-19) penularannya sangat cepat sehingga perlu diantisipasi secara cepat,” tambah Selvi. (Arman Jaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *