hari jadi Sinjai

Berita  

Wisatawan Makassar Meninggal di Bira, Disparpora Bulukumba Siap Proses Klaim Asuransi

bukabaca.id, Bulukumba – Kabar meninggalnya Fernandus Goenawan (45), wisatawan asal Kota Makassar, di pantai Bara, Desa Bira, Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba cepat menyebar di masyarakat dan mendapat perhatian dari Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda Olahraga (Kadis Parpora), Minggu, (16/1/2022).

Kadis Parpora, HM. Daud Kahal, menyampaikan, Pihaknya turut berduka cita atas musibah tersebut, dan hal ini akan menjadi bahan evaluasi terkait pentingnya peningkatan kewaspadaan bagi para wisatawan yang melakukan kegiatan di pantai.

Rumah Cantik Mutiara Land

“Banyak masukan dari berbagai pihak, yang menjadi stakeholder kepariwisataan untuk melakukan pembenahan termasuk penempatan sarana dan prasarana serta tenaga kesehatan yang lebih dekat di sekitar pantai, termasuk petugas penyelamat,” katanya.

Selain itu sambung mantan Kadis Kominfo ini, sesuai perintah Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf, akan dilakukan evaluasi harga masuk untuk backup full asuransi dan segera membuat program untuk petugas penjaga pantai minimal 2 tower dan masing-masing merekrut 4 orang.

“Pintu masuk dan parkir sekalian di Anjungan dan Titik Nol, semua petugas wajib mengenakan baju seragam dengan tetap menyiapkan karcis parkir,” jelas Daud sapaan akrabnya.

Disparpora akan segera memproses klaim Asuransi atas meninggalnya salah seorang wisatawan asal Kota Makassar itu.

Fernandus Goenawan (45) mengalami musibah saat berenang di Pantai ketika berwisata bersama keluarga,. Fernandus tidak terselamatkan saat mencoba ditolong beberapa saat setelah tenggelam, Minggu (16/1/2022).

Dari keterangan tertulis Kadis Parpora, menyatakan berdasarkan perjanjian kerjasama dengan PT. Asuransi Jasa Raharja Putera Tentang Asuransi Publik Liability Kawasan Wisata Tanjung Bira diatur tentang hal tersebut.

“Besaran santunan premi Asuransi bagi wisatawan yang meninggal sebesar Rp. 12.500.000., yang dibuktikan dengan karcis retribusi masuk kawasan wisata,” tambahnya.

Lebih lanjut, H.M. Daud Kahal, mengatakan ini adalah bagian dari pelayanan kami terhadap para wisatawan yang berkunjung ke Bulukumba.

“Pembayaran retribusi masuk yang dibebankan kepada wisatawan sudah inklusif dengan pemberian jaminan asuransi baik yang mengalami kecelakaan maupun yang meninggal,” tutup Daud, yang baru beberapa hari menjabat Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.