Berita  

Warga Kota Makassar Antusias Ikuti Indonesia Heart Bike 2022

bukabaca.id, Makassar – Sekitar seribuan orang mengikuti kegiatan Indonesia Heart Bike 2022 di Lapangan  Karebosi, Makassar, Minggu (18/9/2022) pagi hari ini.

Kegiatan tersebut digelar oleh Yayasan Jantung Indonesia dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia tanggal 29 September. Kegiatan Indonesia Heart Bike 2022 melibatkan berbagai Komponen masyarakat yang ada di Makassar dan Sulawesi Selatan, komunitas sepeda, Klub jantung Sehat se- Sulawesi Selatan, Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), hingga masyarakat umum.

Ketua Panitia Hj. Meity Rahmatia menuturkan, tidak hanya digelar di Kota Makassar. Kegiatan serupa juga digelar di Denpasar, dan Malang. Sementara pada 25 September 2022 mendatang, Indoneasia Heart Bike dilaksanakan di Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

“Tujuannya untuk memacu masyarakat agar ikut serta berpartisipasi dalam menjalankan visi misi Yayasan Jantung Indonesia, yakni memberikan gaya hidup sehat agar masyarakat terhindar dari penyakit jantung dan pembuluh darah. Antara lain, melalui 4 jenis olahraga jantung sehat mulai dari senam, sepeda, renang dan jalan sehat,” kata Meity yang sehari-harinya juga mengemban tugas sebagai  Legislator DPRD Provinsi Sulsel.

Sementara Sekretaris Umum Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Provinsi Sulawesi Selatan, Delya Djafar menerangkan bahwa Selain kegiatan offline,  YJI juga menggelar Indonesia Heart Bike 2022 secara online sejak tanggal 2 September-3 Oktober 2022.

Sekadar diketahui para peserta yang berpartisipasi secara online itu kemudian berdonasi melalui kayuhan sepeda yang telah dimonitor. Donasi tersebut kemudian disumbangkan kepada Yayasan Jantung Indonesia untuk membiayai operasi jantung bagi masyarakat yang masuk dalam kategori masyarakat Prasejahtera. Dely menambahkan kegiatan ini sekaligus bertujuan mengajak masyarakat untuk sedini mungkin mengenal penyebab hingga pencegahan penyakit jantung yang merupakan salah satu penyakit mematikan nomor satu di dunia..

“Kesehatan jantung sangat penting untuk dijaga oleh setiap orang, sambutan khalayak yang sangat antusias mengikuti kegiatan, memacu kami untuk bisa menginisiasi kegiatan yang lebih meriah lagi kedepannya,” Pungkas Delya Djafar.

Sementara Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang membuka dan melepas peserta Gowes Indonesia Heart Bike 2022, turut menyemangati para pesepeda yang ikut memeriahkan Indonesia Heart Bike 2022.

Menurutnya bersepeda salah satu bentuk olahraga untuk menjaga kesehatan jantung.

“Semangat terus menjaga kesehatan. Ikut senang melihat semangat para peserta untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan bersepeda.” pungkasnya.

Selain kegiatan Gowes, Indonesia Heart Bike 2022 dimeriahkan pula dengan kegiatan Senam Jantung Sehat yang diikuti oleh warga Klub Jantung Sehat (KJS) yang berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan, Edukasi Penanganan Awal serangan jantung oleh Gabungan Dokter muda yang tergabung dalam PERKI. 

Kegiatan ditutup dengan penarikan Doorprize dan Silaturrahmi warga KJS. (Mashud Azikin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *