hari jadi sulsel

Wajib Kamu Ketahui 7 Kebutuhan Dasar Ini Agar Hubungan Bahagia

  • Bagikan
Wajib Kamu Ketahui 7 Kebutuhan Dasar Ini Agar Hubungan Bahagia
Ilustrasi (foto/liputan6com) pasangan suami istri saat bahagia.

bukabaca.id – Membangun suatu hubungan yang sehat perlu mengenal berbagai kebutuhan emosional dasar pasangan masing-masing. Karena setiap orang memiliki kebutuhan dasar, misalkan kasih saying, rasa aman, dan apresiasi. Oleh karena itu kita perlu tahu bagaimana cara memenuhi kebutuhan itu.

Saat kebutuhan emosional dasar tersebut terpenuhi, pada umumnya akan tercipta perasaan tenang, puas, dan bahagia. Sebaliknya, apabila tidak terpenuhi, maka mungkin saja bisa merasa sedih, sakit hati, bahkan frustasi.

Oleh sebab itu, dalam sebuah hubungan, penting untuk mengenal kebutuhan emosional dasar kamu dan pasangan, agar ikatan yang terbentuk bisa menjadi lebih kuat.

7 Kebutuhan Emosional Dasar dalam Hubungan

Di bawah ini adalah 7 kebutuhan emosional dasar yang perlu ada dalam suatu hubungan:

1. Kasih sayang

Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk mengungkapkan kasih sayang atau rasa cintanya. Teknik dan cara seseorang menunjukkan kasih sayang ini dikenal juga dengan bahasa cinta atau love language.

Bahasa cinta bisa ditunjukkan dengan melakukan sentuhan fisik, mengutarakan kata-kata cinta, menghabiskan waktu (quality timebersama, atau memberi hadiah untuk pasangan.

Namun, terlepas dari bentuk dan cara mengungkapkannya, kasih sayang atau afeksi merupakan salah satu kebutuhan emosional dasar yang pastinya harus ada dalam setiap hubungan. Ini supaya keintiman dalam hubungan bisa tetap terjaga.

2. Rasa diterima

Rasa diterima oleh pasangan juga merupakan kebutuhan emosional yang harus ada dalam hubungan. Pasalnya, rasa diterima ini akan menciptakan rasa memiliki dalam hubungan, lho. Perasaan diterima oleh pasangan bisa banyak bentuknya, antara lain:

  • Diperkenalkan ke orang-orang terdekat pasangan, seperti keluarga atau sahabatnya
  • Diikutsertakan dalam kegiatan sehari-hari pasangan
  • Dilibatkan dalam perencanaan masa depan pasangan
  • Dilibatkan saat pasangan akan mengambil sebuah keputusan

Sebaliknya, bila salah satu pihak, baik kamu atau pasanganmu, merasa tidak diterima dalam hubungan kalian, ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman bahkan kerenggangan hubungan.

3. Rasa aman

Selalu ingin merasa aman dan hidup tanpa rasa takut juga termasuk ke dalam kebutuhan emosional dasar setiap orang. Oleh sebab itu, hubungan yang sehat harus didasari dengan rasa aman yang didapatkan oleh kedua belah pihak.

Rasa aman dalam hubungan juga banyak bentuknya, seperti:

  • Merasa aman secara fisik
  • Merasa aman untuk mengutarakan pendapat
  • Merasa aman untuk berbagi perasaan atau rahasia
  • Mengetahui pasangan mendukung setiap keputusan yang dipilih

Jadi, jika kamu tidak mendapatkan rasa aman dalam hubungan yang kamu jalani saat ini, kamu perlu berhati-hati ya, karena bisa jadi hubunganmu mengarah ke toxic relationship atau bahkan hubungan abusive.

4. Rasa percaya

Beriringan dengan rasa aman, setiap orang pasti juga ingin menjalin hubungan dengan pasangan yang bisa ia percaya, dan juga balik memercayainya.

Oleh sebab itu, memberi rasa percaya kepada pasangan serta tidak menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan juga merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan emosional dasar dalam hubungan.

5. Empati

Empati adalah kemampuan untuk memahami dan ikut merasakan apa yang dialami orang lain. Dalam hubungan romantis, kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk membantu kamu dan pasangan memahami kondisi dan keadaan satu sama lain.

Pasalnya, sebagai manusia, kita semua pasti memiliki kekurangan dan pernah melakukan kesalahan, bukan? Nah, dengan kemampuan berempati yang baik, kamu dan pasangan pasti bisa membentuk ikatan yang lebih dalam.

6. Privasi

Walau sedang menjalin sebuah hubungan, setiap orang pasti tetap memerlukan privasi atau ruang untuk dirinya sendiri. Oleh sebab itu, untuk memenuhi kebutuhan emosional dasar yang satu ini, kamu dan pasangan harus sama-sama bisa menghargai privasi masing-masing, ya.

Beberapa bentuk menghargai privasi pasangan adalah seperti berikut:

  • Sebisa mungkin hindari kebiasaan mengecek ponsel, tablet, atau komputer pasangan.
  • Beri kebebasan kepada pasangan untuk melakukan hal-hal positif yang disukai.
  • Beri kebebasan kepada pasangan untuk menghabiskan waktunya seorang diri atau bersama teman-temannya selama masih dalam batas waktu yang wajar.

Kamu dan pasangan juga bisa sama-sama mengomunikasikan bentuk privasi seperti apa yang kalian butuhkan dalam hubungan.

7. Apresiasi

Merasa ingin diapresiasi oleh orang-orang terdekat juga merupakan kebutuhan emosional dasar manusia. Ini karena apresiasi bisa menjadi bentuk bahwa kamu dan pasanganmu sama-sama menghargai dan bersyukur akan kehadiran satu sama lain.

Memberi apresiasi bisa dilakukan dengan banyak cara, misalnya dengan memberi pujian, menyampaikan kritik dengan cara yang baik, atau sesekali memberi hadiah untuk pasangan.

Nah, itu dia tadi beberapa macam kebutuhan emosional dasar yang harus ada dalam hubungan. Perlu diingat bahwa kamu dan pasangan bisa saja mengedepankan kebutuhan emosional yang berbeda.

Sebagai contoh, menurutmu mungkin rasa diterima dan rasa percaya merupakan kebutuhan emosional dasar yang paling kamu butuhkan. Namun, bagi pasanganmu, ia mungkin lebih membutuhkan apresiasi dan privasi.

Ini adalah hal yang normal, ya. Kuncinya, komunikasikanlah setiap perasaan, keinginan, atau kebutuhan yang kamu dan pasangan miliki. Dengan begitu, harapan kamu dan pasangan akan hubungan yang kalian jalani pasti bisa berjalan beriringan.

Apabila kamu dan pasangan memiliki masalah terkait pemenuhan kebutuhan emosional satu sama lain, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog atau konselor yang memang khusus menangani masalah dalam hubungan berpasangan, ya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *