Tinjau Pompanisasi dan Embung di Enrekang, Plt Gubernur Sulsel: Ini Sangat Penting bagi Masyarakat

  • Bagikan

bukabaca.id, Enrekang – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, meninjau langsung efektivitas program pompanisasi dan embung di Desa Benteng Alla, Kecamatan Baroko, Kabupaten Enrekang, Minggu (5/9/2021).

Andi Sudirman mengaku keberadaan program pompanisasi dan embung untuk irigasi sawah, perkebunan, dan konservasi air, dapat digunakan sebagai sumber air baku, sumber air bagi ternak terutama pada saat musim kemarau.

“Hadirnya program ini sangat penting bagi masyarakat di sini, apalagi di sini mata air susah dan medannya di ketinggian. Alhamdulillah kita senang mendengar masyarakat telah menikmati manfaat dari program ini,” ucap Andi Sudirman.

Sementara itu, Kepala Desa Benteng Alla, Saleh, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, bahwa kehadiran irigasi pompanisasi di desa kami sangat bermanfaat bagi masyarakat kami. Apalagi tempat kami ini kekurangan air,” ungkapnya.

Bahkan jika musim kemarau, kata dia, warganya biasa membeli air galon Rp50 ribu per 1.200 liter.

“Jadi alhamdulillah, karena bantuan ini juga bisa dikonsumsi warga, bermanfaatlah bagi warga kami. Saya juga menyampaikan kepada bapak Plt Gubernur bahwa banyak desa lainnya yang membutuhkan program irigasi seperti ini dan harapannya seperti desa kami,” bebernya.

Saat ini masyarakat di Desa Benteng Alla, Kecamatan Baroko, Kabupaten Enrekang, memang sudah bisa menikmati manfaat dari pompanisasi dan embung yang telah dibangun Pemprov Sulsel sejak 2020 lalu.

Embung ini terdiri atas satu embung utama yang posisinya paling tinggi sedangkan tiga embung kecil berada di bawah embung utama. Pompa memompa air dari sungai naik ke atas embung utama sepanjang kurang lebih 4,5 kilometer dengan deviasi 400 meter, dari embung utama air turun secara gravitasi ke 3 embung kecil yang mengairi area perkebunan sayur warga.

Selain untuk perkebunan, dikarenakan air sungai yang jernih, juga digunakan juga sebagai air baku untuk kebutuhan sehari-hari warga.

Hadirnya pompanisasi dan embung ini menjadi salah satu program kerja Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di bawah kepemimpinan Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam menghadirkan sarana infrastruktur pertanian. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *