hari jadi sulsel

Tingkatkan Digitalisasi UMKM Wisata, GenBI Sulsel Gandeng Tim 114 Innovillage Gelar Sosialisasi QRIS

  • Bagikan

bukabaca.id, Gowa – Sebagai Frontliners dari Bank Indonesia, GenBI Sulawesi Selatan (Sulsel) mensosialisasikan Penggunaan QR Code Indonesian Standard (QRIS) di Wisata Air Terjun Takapala yang berkolaborasi dengan Tim 114 Innovillage  2021, Jumat (19/11/2021).

Kegiatan sosialisasi penggunaan QRIS tersebut diselenggarakan dengan mengusung tema “Digitalisasi UMKM Wisata”. Kegiatan ini bertujuan untuk mendigitalisasi UMKM di kawasan Wisata Air Terjun Takapala.

Selain itu juga untuk mempermudah wisatawan melakukan pembayaran secara non-tunai. Kegiatan ini di hadiri oleh  ketua Pokdarwis Takapala, Tim 114 Innovillage 2021 dan para pelaku UMKM yang ada di sekitar Wisata Air Terjun Takapala.

Syarifuddin Naba, S.E selaku Ketua Pokdarwis Takapala menuturkan banyak terima kasih kepada GenBI Sulsel beserta Tim 114 Innovillage 2021. Menurutnya, ada banyak manfaat yang diberikan, termasik dalam kelestarian lingkungan hidup di wisata Takapala.

“Saya ucapkan terima kasih dengan adanya GenBI Sulawesi Selatan dan Tim 114 Innovillage 2021 di wilayah takapala, kami sungguh sangat merasakan manfaatnya, yang pertama dari segi kebersihan, kami selalu diingatkan mengenai lingkungan hidup dan diberi beberapa tong sampah untuk disimpan di sekitar Air Terjun Takapala ini,” ujarnya.

“Kunjungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Gowa ke Takapala terkait pelatihan digitalisasi, dan saya menyampaikan ke dinas dan teman-teman pelatihan kerja ini bahwa Tim Innovillage dan GenBI Sulawesi Selatan saling bersinergi. Dan Insyaa Allah, Dinas dan Pengelola Pariwisata di Kabupaten Gowa ingin ikut untuk digitalisasi dalam pembangunan pariwisata di masing-masing lokasi wisata,” ungkap M. Agus Selaku Ketua Tim 114 Innovillage 2021.

Sementara itu, Baso Patisangguru selaku ketua wilayah Generasi Baru Indonesia Sulawesi Selatan dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai wujud implementasi salah satu pilar GenBI, yakni frontliner yang diharapkan GenBI Sulawesi Selatan mampu menjadi garda terdepan bagi Bank Indonesia baik secara kelembagaan maupun kebijakan.

“GenBI Sulawesi Selatan telah mensosialisasikan dan mengimplementasikan pemakaian QRIS, hal ini juga sejalan dengan kebijakan untuk mendigitalisasikan daerah-daerah wisata yang diharapkan mampu mendorong ekonomi di lokasi wisata, salah satunya adalah Air Terjun Takapala, Malino, kabupaten Gowa,” pungkasnya.

Setelah melakukan sosialisasi, dilanjutkan dengan pembagian QR Qode yang terdaftar oleh PJSP dan juga spanduk bagi UMKM dan Pos Retribusi dari Air Terjun Takapala.

Citizen Reporter: Mutmainnah

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *