hari jadi Sinjai

Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala AFF 2020, Kalahkan Tuan Rumah Singapura

Tim nasional Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020
Kapten Timnas Indonesia tampak memberikan semangat kepada pemain Singapura setelah gagal tendangan pinalti.

bukabaca.id – Tim nasional Indonesia lolos ke final setelah mengalahkan tuan rumah piala AFF 2020, yakni Timas Singapura. Timnas pada leg pertama masih imbang dengan tuan rumah pada piala bergensi di asia tenggara ini. Namun setelah perpanjangan waktu, akhirnya Timnas Indonesia bangkit dan mampu mengalahkan tuan rumah dengan skor 4-2.

Pertandingan leg kedua yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (25/12/2021) tersebut diwarnai hujan kartu merah.

Rumah Cantik Mutiara Land

Pada pertandingan itu, ada tiga pemain Singapura diusir dari lapangan karena kartu merah. Meski unggul dalam jumlah pemain, timnas Indonesia justru hampir nyaris tersingkir.

Pertandingan leg kedua itu berjalan ketat sejak menit pertama. Indonesia mencoba bermain agresif dengan menggempur pertahanan Singapura. Upaya ini tidak sia-sia. Indonesia akhirnya kembali membuka keunggulan pada menit ke-11.

Berawal dari upaya Alfeandra Dewangga yang memotong aliran bola Singapura, bola kemudian diarahkan ke Witan Sulaeman yang meliuk di antara pemain bertahan lawan.

Setelah tinggal berhadapan dengan penjaga gawang, Witan mengirimkan bola ke tengah kotak penalti di mana Ezra Walian sudah menunggu dan melesakkan bola ke dalam gawang Singapura.

Tertinggal 0-1, Singapura meningkatkan permainan. Namun pemain belakang mereka Safuwan Baharudin diganjar kartu merah hasil kartu kuning kedua pada menit ke-45+3.

Akan tetapi satu menit kemudian Singapura justru berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas gelandang Song Ui-young. Kedudukan bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, baik Indonesia maupun Singapura terus mempertahankan permainan tempo tinggi. Namun pada menit ke-66 Singapura harus bermain dengan sembilan pemain setelah Irfan Fandi mendapatkan kartu merah.

Tetapi lagi-lagi setelah ada kartu merah, Singapura justru berhasil mencetak gol pada menit ke-74 melalui tendangan bebas yang keras dan akurat dari Shahdan Sulaiman. Beruntung pemain Indonesia Pratama Arhan berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-87. Dan akhirnya Skor kembali sama menjadi 2-2.

Indonesia kembali dalam posisi kritis setelah pada injure time babak kedua Singapura mendapat hadiah penalti. Tapi, penjaga gawang Nadeo Argawinata masih mampu menepis bola tersebut.

Kedudukan 2-2 akhirnya memaksa permainan dilanjutkan dengan babak tambahan waktu 2X15 menit yang didominasi oleh anak-anak Garuda.

Anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong memperbesar keunggulan pada menit ke-91 setelah bek Shawal Anuar melakukan gol bunuh diri. Kemenangan kemudian disempurnakan oleh gol Egy Maulana pada menit ke 105 dengan memanfaatkan bola liar di depan gawang Singapura.

Pada babak tambahan kedua Indonesia terus melakukan sejumlah serangan berbahaya. Tetapi penjag gawan Singapura, Hassan Sunny bermain gemilang dengan berhasil menggagalkan sejumlah peluang Indonesia. Tetapi perjuangannya juga harus dibayar mahal karena dia pun akhirnya diusir dengan kartu merah setelah mengganjal keras Irfan Jaya. Dalam waktu sekitar satu menit, Singapura harus bermain dengan delapan pemain hingga akhirnya peluit panjang ditiup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.