Semarak Salat Idulfitri 1442 H di Masjid Al-Abrar Makassar

  • Bagikan

bukabaca.id, Makassar – Pelaksanaan salat idulfitri 1442 H berlangsung semarak di Masjid Besar Al-Abrar, Jalan Sultan Alauddin No 82 Makassar, Rabu (13/5/2021).

Seluruh jamaah yang datang berbondong-bondong, mamasuki halaman masjid dengan terlebih dahulu cuci tangan menggunakan  handsanitizer.

Kemudian masuk masjid memenuhi lantai I, II dan III, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan sholat memakai jarak, sebagaimana harapan serta imbauan dari Tim Satgas Covid-19 Kota Makassar.

Bertindak selaku Khotib, Drs Abd Rauf. DP dan Imam Lahamuddin, S.Ag yang diawali dengan tuntunan sholat Idulfitri oleh Pengurus Masjid Al-Abrar yang dipandu Suhardi Dg Rurung S.Sos

Dalam khutbahnya, Rauf mengatakan bahwa ramadan tahun ini, benar-benar merupakan ramadan yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Merebaknya Pandemi Covid-19 telah memberikan imbas atas berbagai lini kehidupan.

“Pemerintah membuat aturan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona dengan melakukan berbagai pembatasan, diantaranya pembatasam keagamaan, pembatasan kegiatan ditempat atau fasilitas umum, pembatasan sosial budaya, transfortasi dan kegiatan lainnya,” ungkapnya.

Masih kata dia bahwa dampak sosial yang paling terimbas adalah ekonomi masyarakat, sehingga ketika memasuki bulan suci ramadan semakin banyak pembatasan dilakukan yang merupakan dampak dari wabah pandemi ini.

Sementara itu, Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Al-Abrar, dalam laporannya yang dibacakan Suhardi menjelaskan, jumlah warga yang telah mengeluarkan zakat fitrahnya ke UPZ Al-Abrar sebanyak 1.110 Orang.

Adapun rinciannya yakni jumlah zakat fitrah dalam bentuk beras 2.091 liter, dalam bentuk uang sebesar Rp27.021.000,- Zakat harta Rp25.712.500,- sedang infak dan sadaqah sebesar Rp7.576.000,-

Menindaklanjuti penyaluran zakat fitrah, maka UPZ Al-Abrar sudah menyalurkan kepada 5.134 orang yang layak menerima zakat fitrah, sementara dalam bentuk uang telah dibelikan beras kemudian dipaketkan dalam bentuk beras sebanyak 312 paket.

Lebih lanjut Suhardi menjelaskan, pihak UPZ juga memberikan bantuan kepada 17 paket untuk Panti Asuhan, satu buah rumah Tahfidz dengan melibatkan personil remaja masjid sebanyak 16 orang yang bekerja mulai dari penerimaan, pengepakan hingga ke penyaluran ke sasaran yang sudah terdaftar di data base Masjid Besar Al-Abrar Makassar.

Pelaksanaan sholat Idulfitri 1442 H berlangsung lancar dan setelah selesai sholat dilanjutkan dengan foto bersama kemudian silaturahmi ke rumah kediaman Ketua Masjid, H. Hilal Kadir, SE bersama anggota jamaah lainnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *