hari jadi Sinjai

Sambut PMB Tahun Ajaran 2022-2023, ITB Kalla Siapkan Dua Jalur Beasiswa untuk Mahasiswa Baru

bukabaca.id, Makassar – Institut Teknologi Bisnis (ITB) Kalla menyelenggarakan konferensi pers untuk membahas terkait Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) ITB Kalla Tahun Ajaran 2022-2023. Kegiatan ini diselenggarakan di Bikinbikin.hub Nipah Mall, Lt.1, Makassar, Senin (10/1/2022).

Berdasarkan pantauan awak media, kegiatan tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, yang dilanjutkan dengan pembacaan puisi oleh salah satu mahasiswi ITB Kalla. Kemudian ada juga penampilan tari 4 etnis dari mahasiswa baru yang tergabung dalam UKM Seni ITB Kalla.

Rumah Cantik Mutiara Land

Dalam sambutannya, H. Syamril, S.T., M.Pd selaku Rektor ITB Kalla menuturkan bahwa sebenarnya ada empat (4) R yang terdapat dalam diri kita.  Empat R yang dimaksudkan yakni raga, rasa, rasio dan religi.

“Setidaknya ada empat R yang harus dikembangkan dalam diri kita. Pertama adalah raga. Dimana raga harus dibina dan dikembangkan. Seperti di ITB Kalla ada beberapa UKM, yakni UKM seni dan UKM olahraga. Yang kedua yakni rasa. Rasa dinilai penting, contohnya di ITB Kalla kami menyediakan UKM seni dan UKM bahasa,” ujarnya.

“Poin ketiga yakni rasio (pikiran). Selain mata kuliah yang dipelajari, juga ada UKM pasar modal. Kerap dihadirkan praktisi untuk menjadi pemateri dan memberi inovasi-inovasi kepada mahasiswa. Yang keempat yakni religi atau roh. Sebenarnya disini tempatnya mahasiswa yang penghafal Al-Qur’an dan mendalami ilmu keagamaan,” imbuhnya sembari menjelaskan.

Lebih lanjut, pihaknya juga menambahkan bahwa di ITB Kalla yang dibutuhkan bukan hanya sarjana yang mencari pekerjaan, tetapi juga mencari mahasiswa yang membuka lapangan kerja untuk masyarakat lainnya.

“Yang kita butuhkan bukan hanya sarjana yang mencari atau butuh kerja, tetapi kami juga ingin menghadirkan mahasiswa sarjana yang mampu membuka lapangan kerja untuk masyarakat lainnya. Untuk bisa menghadirkan tersebut kami menyasar prodi era industri 4.0. Di ITB Kalla kami menghadirkan mata kuliah khas yakni personal development. Di prodi tersebut akan diajarkan untuk bagaimana anak-anak bisa mengenali dirinya, kira-kira ke depan mau kemana,” jelas Direktur Sekolah Islam Athirah itu.

Sementara itu, Andi Tenri Pada selaku Dosen Kewirausahaan sekaligus Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) menuturkan bahwa setiap tahunnya, ITB Kalla selalu menargetkan sebanyak 100 mahasiswa baru.

“Untuk target, tiap tahunnya kami menargetkan sebanyak 100 mahasiswa baru. Kalau lebih alhamdulillah. Tetapi kalau kita lihat, selama tiga angkatan ini, pendaftar di ITB Kalla selalu mengalami peningkatan,” ujarnya.

Sebagai informasi, di ITB Kalla menyediakan dua jenis beasiswa yakni beasiswa tahfiz dan beasiswa prestasi. Untuk beasiswa tahfiz ada beberapa tingkatan, untuk mahasiswa yang menghafal Al-Qur’an 30 juz akan mendapatkan beasiswa sebesar 100%, untuk mahasiswa yang menghafal 15 juz akan mendapatkan potongan uang SPP sebesar 50%  dan mahasiswa yang hafal sepertiga juz maka akan mendapatkan beasiswa ⅓% juga.

Sedangkan, untuk beasiswa prestasi akan diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi atau memiliki portofolio bisnis.  Untuk mahasiswa yang mempunyai bisnis, maka nantinya bisnisnya akan dimentoring langsung oleh Kalla Bisnis School.

Dari kedua jalur beasiswa tersebut, semua mahasiswa berpotensi untuk mendapatkan beasiswa full.  Kuota beasiswa itu diberikan kepada 10% dari jumlah mahasiswa per angkatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.