Prodi Ilmu Falak UIN Alauddin Gelar Silaturahmi dengan Orang Tua Mahasiswa

  • Bagikan

bukabaca.id, Gowa – Program Studi (Prodi) Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar silaturahmi dengan orang tua Mahasiswa secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Rabu (8/9/2021) lalu.

Ketua Prodi Ilmu Falak UIN Alauddin Makassar, Fatmawati mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk membangun hubungan yang baik antara pihak universitas khususnya Prodi Ilmu Falak dengan orang tua mahasiswa. Karena menurutnya peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membantu pihak kampus demi kelancaran studi mahasiswa.

“Anak adalah amanah, dan  tanggungjawab amanah itu ada di pundak kita para orang tua. Baik orang tua kandung, maupun orang tuanya di kampus. Karenanya, dibutuhkan kerjasama yang intens antara pihak prodi, dosen dan para orang tua,” ujarnya.

Hal yang sangat prinsip kata Fatmawati dan membutuhkan dukungan orang tua adalah terkait bacaan Al Quran bagi mahasiswa. Karena menurutnya masih banyak mahasiswa belum fasih dan lancar membaca Al-Qur’ran bahkan belum mengenal huruf hijaiyah.

“Universitas telah memfasilitasi mahasiswa dengan program Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ). Tapi, hasilnya belum maksimal. Oleh karena itu, kami membutuhkan kerjasama bapak/ibu para orang tua terkait bacaan Al-Qur’an anak-anak kita,” ujarnya.

Lanjut Fatmawati, hal mendasar lainnya yang perlu perhatian para orang tua adalah tempat tinggal para mahasiswa, apalagi tidak lama lagi akan kuliah offline. Dirinya meminta orang tua untuk tetap memerhatikan dan mengontrol tempat tinggal putra putrinya.

Menurutnya, Jika salah dalam memilih tempat tinggal, baik lingkungan dan komunitas atau organisasi, maka segala risiko berpotensi terjadi. Karena kampus juga tidak selamanya bisa mengontrol semua mahasiswa apalagi jika di luar jam perkuliahan.

“Pilihkanlah kost-kostan khusus putra atau khusus putri. Jangan mengizinkan anak-anak bapak/ibu memilih kost-kostan yang berbaur antara laki-laki dan perempuan. Karena bapak/ibu tidak bisa mengontrolnya setiap saat,” ungkapnya.

Selain itu, pada kesempatan ini, kepada orang tua mahasiswa, Fatmawati juga meminta agar memperhatikan kerapian anak masing-masing khususnya rambut agar tidak gondrong. Karena menurutnya ini akan memengaruhi proses studi di kampus terutama di Prodi Ilmu Falak.

“Masa studi tercepat di prodi Ilmu Falak adalah 3,5 tahun atau semester 7 akhir.  Sejak Prodi Ilmu Falak lahir tahun 2016, mahasiswa kita banyak menyelesaikan studi dalam masa tercepat (3,5 tahun),” tambahnya.

Sementara itu, kegiatan silaturahmi virtual ini disambut baik oleh orang tua mahasiswa dan pimpinan Fakultas. Menurut Wakil Dekan 3 Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Alauddin Makassar, H. M. Saleh Ridwan, peran orang tua mahasiswa sangat dibutuhkan untuk membantu pihak universitas.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menjalin komunikasi dengan para orang tua, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Para orang tua juga harus berusaha maksimal mensupport putra putrinya belajar membaca Al-Qur’an,” harapnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *