PPKM Darurat Diperpanjang, Jokowi Sebut Bakal Pantau Suara Rakyat yang Terdampak

  • Bagikan

bukabaca.id, Jakarta – Baru-baru ini, Presiden RI Joko Widodo kembali mengumumkan bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat akan diperpanjang mulai 26 Juli 2021.

Namun, Jokowi juga mengatakan bahwa apabila kasus Covid-19 terus mengalami penurunan, maka perpanjangan PPKM akan dilakukan secara bertahap.

“Jika tren kasus terus mengalami penurunan maka 26 juli 2021 pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap,” ujarnya secara virtual, Selasa (20/7/2021).

Lebih lanjut Jokowi mengakui, penerapan PPKM darurat yang dimulai 3 juli 2021 yang lalu merupakan kebijakan yang tidak bisa dihindari. Kebijakan yang harus diambil pemerintah meskipun terasa sangat berat.

Langkah tersebut dilakukan untuk menurunkan penularan covid-19 dan mengurangi kebutuhan masyarakat untuk pengobatan di rumah sakit.

“Sehingga tidak menyebabkan lumpuhnya rumah sakit lantaran over kapasitas pasien covid-19 serta agar layanan kesehatan untuk pasien dengan penyakit kritis lainnya tidak terganggu dan terancam nyawanya,” tuturnya.

Terakhir Jokowi juga menyebut, bahwa keberhasilan PPKM Darurat terlihat dari data di mana penambahan kasus dan kepenuhan tempat tidur rumah sakit mengalami penurunan.

“Kita selalu memantau, memahami dinamika di lapangan dan juga mendengar suara-suara masyarakat terdampak dari PPKM,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *