Berita  

Plt Kadis Sosial Pantau Penyaluran BLT BBM kepada 12.478 KPM di Selayar

Plt Kadis Sosial Pantau Penyaluran BLT BBM Kepada 12.478 KPM di Selayar
Plt Kadis Sosial Pantau Penyaluran BLT BBM Kepada 12.478 KPM di Selayar,

bukabaca.id, Kepulauan Selayar – Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Selayar, Hj Satmawaty, S.Sos, M.A.P, sekitar pukul 09.00 Wita, Jumat (23/09/2022) kemarin, memantau langsung penyaluran Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) di Kantor Pos jalan Pangeran Diponegoro Benteng.

Khusus di Kabupaten Kepulauan Selayar Propinsi Sulawesi Selatan, sebanyak 12.478 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari 11 wilayah kecamatan dan 81 desa serta 7 kelurahan. Hj Satmawaty didampingi Kepala Kantor Pos Selayar, Saparuddin disela-sela penyaluran BLT BBM khususnya bagi masyarakat yang terdampak dan memenuhi kriteria yang diisyaratkan oleh Kementerian Sosial melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Selain itu, kepada awak media, dirinya menjelaskan bahwa berdasarkan DTKS di Kabupaten Selayar, awalnya ada sebanyak 11.344 KPM penerima bantuan BLT BBM dan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) yang diterima secara tunai di Kantor Pos Selayar.

“Hingga kemarin, Kamis (22/09/2022), capaian persentase penyalurannya sudah mencapai 95,69 persen. Sudah termasuk penyaluran bantuan yang dilakukan secara tunai dilima (5) wilayah kecamatan pulau yang terdiri dari Kecamatan Pasi’masunggu dan Pasi’masunggu Timur di Pulau Jampea, Kecamatan Pasi’marannu di Pulau Bonerate, Kecamatan Pasi’lambena di Pulau Kalao Toa serta Kecamatan Taka Bonerate dalam Kawasan Taman Nasional Laut Taka Bonerate yang beribukota di Pulau Kayuadi,” imbuhnya.

“Kemudian menyusul tambahan yang penyalurannya dilakukan pada hari ini, Jumat (23/09/2022) sebanyak 1.134 KPM. Sehingga total keseluruhan KPM BLT BBM di Selayar mencapai 12.478. Hanya saja lanjut Satmawaty perlu dihimbau bagi KPM yang berdomisili di pulau yang secara kebetulan saat ini sedang berada didaratan Selayar agar ke Kantor Pos dengan memperlihatan identitas e-KTP dan NIKnya kepada petugas Pos untuk mendapatkan bantuan BLT BBMnya,” tambah Plt Kadis Sosial Selayar. 

Dikatakannya, dalam lima (5) hari kedepan capaiannya akan meningkat. Bahkan untuk lebih memudahkan penyalurannya meskipun warga pulau tapi pada waktu penyaluran sedang berada di Benteng Selayar.

“Kami meminta kepada kepala desanya untuk mengarahkan ke PT Pos Selayar dengan membawa kartu identitas seperti e-KTP dan memperlihatkan kepada petugas,” pintanya.

“Meskipun tidak membawa surat panggilan tetapi ada data yang kemudian dicocokkan dengan NIK maka kita akan bayarkan bantuannya itu. Sebab sebelumnya telah dilakukan koordinasi dengan Camat dan Kepala Desa (Kades) nya,”  Kepala Kantor Pos Cabang Selayar, Saparuddin menambahkan. (Mds/fdy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *