banner 728x250

Berita  

Pj Gubernur Sulsel Ingatkan Imbauan Tanam Cabai bagi ASN di Tengah Harga yang Melonjak

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin.

BukaBaca.id, Makassar – Harga cabai di pasaran mengalami kenaikan. Berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel per 19 Oktober 2023, harga cabai keriting Rp34 ribu per kg, cabai merah besar Rp23 ribu per kg, cabai rawit hijau Rp25 ribu per kg, dan cabai rawit merah Rp32 ribu per kg.

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mengingatkan para ASN lingkup Pemprov Sulsel terkait pelaksanaan Gerakan Menanam 10 Pohon Cabai bagi Setiap ASN. Surat edarannya telah dikeluarkan beberapa waktu lalu.

“Segera tim inflasi, tim gerakan penanaman cabai tekankan lagi penanaman 10 pohon cabai tiap rumah. Gerakan bersama ini juga bisa dilakukan hingga ke tingkat desa, libatkan juga PKK,” kata Bahtiar, Jumat (20/10/2023).

Diketahui, cabai merupakan salah satu komoditas penyebab inflasi di Sulsel. Naiknya harga cabai ini terpantau di sejumlah pasar tradisional. Sebelumnya, Bahtiar turun langsung memantau, seperti di Pasar Daya Makassar hingga Pasar Minasa Maupa Gowa.

Selain cabai, Bahtiar juga menaruh perhatian khusus terhadap komoditas jeruk nipis. Saat ini, harganya juga cukup tinggi. Jika biasanya Rp8 ribu per kg, sekarang mencapai Rp18 ribu – Rp20 ribu per kg.

“Jeruk nipis ini meskipun tidak menyumbang inflasi, tapi kalau harganya naik, akan membebani masyarakat kita. Karena masyarakat kita kalau makan makanan berkuah, terbiasa mencampurkan dengan perasan jeruk nipis,” ungkapnya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk menanam pohon jeruk nipis di pekarangan rumah mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *