banner 728x250

Berita  

Pj Gubernur Bahtiar: Peternakan Ayam dan Kambing Bisa Jadi Sumber Pendapatan Alternatif Sulsel

Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, mengunjungi peternakan ayam dan kambing di Moncongloe, Kecamatan Manuju, Kabupaten Gowa, Kamis (19/10/2023).

BukaBaca.id, Gowa – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, mengunjungi peternakan ayam dan kambing di Moncongloe, Kecamatan Manuju, Kabupaten Gowa, Kamis (19/10/2023).

Bahtiar didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel, Nurlina Saking, dan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. Mereka mengunjungi ternak milik Deng Alli.

Bahtiar mengatakan, kedatangannya untuk melihat langsung petenakan warga. Mengetahui peluang dan kendala yang mungkin dihadapi, termasuk untuk pembuatan kandang.

“Ternyata saya belajar di sini, kalau kita bikin kandang dengan 3.000 ekor cukup dengan uang Rp650 juta. Itu sampai bertelur dan setiap hari bisa pungut duit Rp1,5 juta hingga Rp2 juta,” kata Bahtiar.

Peternakan kambing juga dinilainya potensial. Untuk anaknya saja yang baru keluar (dilahirkan) itu Rp2,5 juta. Dengan bibit indukan impor.

“Makanya saya ajak teman-teman dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi. Saya akan kembangkan Pucak Maros itu jadi kawasan pusat peternakan ayam sama kambing. Bagaimana caranya, belajar dengan yang sukses. Ada yang dikelola pemerintah. Ada yang sama peternak, yang berpengalaman agar berkembang bibitnya,” jelasnya.

Ia meyakini sektor peternakan akan menjadi sumber pendapatan alternatif masyarakat dan mengatasi kemiskinan di Sulsel. Selain itu, lahan di ketinggian ini bisa ditanami tanaman tertentu.

“Maka harus ada alternatif usaha yaitu peternakan. Ini pakannya juga dari (daun jagung. Jadi dari hulu dan hilir kita hidupkan,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi Bupati Gowa yang memiliki peternakan. “Ternyata Bupati Gowa punya peternakan. Coba bayangkan kalau seluruh bupati di Indonesia punya peternakan telur, persoalan stunting kita terselesaikan,” imbuhnya.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menjelaskan potensi untuk peternakan di daerahnya sangat besar.

“Untuk peternakan, warga sini rata-rata memiliki ayam petelur dan ayam potong. Bahkan di sini sudah ada tiga close house untuk ayam potong yang memang menyuplai Makassar dan lainnya. Kabupaten Gowa ini menyuplai Makassar, mulai dari kebutuhan makanan dan airnya,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *