Berita  

Peringatan World Torism Day 2022 Selayar Dipusatkan di Tamamelong

Peringatan World Torism Day 2022 Selayar Dipusatkan di Tamamelong
Peringatan World Torism Day 2022 Selayar Dipusatkan di Tamamelong.

bukabaca.id, Kepulauan Selayar – Tamamelong ditetapkan sebagai pusat pelaksanaan Peringatan World Tourm Day (Hari Pariwisata se Dunia) 2022 di Kabupaten Kepulauan Selayar Propinsi Sulawesi Selatan.

Diketahui, Tamamelong adalah salah satu destinasi pariwisata yang banyak dikunjungi wisatawan didaerah ini. Baik itu wisatawan lokal, domestik dan wisatawan mancanegara. Letaknya berada dikisaran 10 kilometer arah selatan ibukota Kabupaten Kepulauan Selayar, Benteng tepatnya di Desa Patikarya Kecamatan Bontosikuyu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Selayar, Drs Hizbullah Kamaruddin yang didampingi Sekretarisnya, Nur Ihsan Chaeruddin, SS, kepada media ini menyatakan,” Peringatan Hari Pariwisata se Dunia Ke 42 yang jatuh pada Selasa, 27 September pekan depan akan dipusatkan di Tamamelong Bontosikuyu. Pada kegiatan kali ini telah mengusung tema “Melalui Gerakan Sadar Wisata, Pariwisata Kepulauan Selayar Bangkit Lebih Cepat,” bebernya.

Lokasinya berada dipesisir pantai bagian barat Desa Patikarya yang tak jauh dari Sunari Beach. Kegiatan ini melibatkan Kelompok Sadar Wisata, Komunitas, Saka Wisata hingga stakeholders dalam upaya menyemarakkan Peringatan Hari Pariwisatan Dunia. Seperti Tamamelong Fun Camp, Pencanangan Gerakan Sadar Wisata, Deklarasi atau Ikrar dari Perwakilan Komunitas dan Pokdarwis, Pelantikan Pengurus Cabang Saka Wisata Kebupaten Kepulauan Selayar serta kegiatan bersih pantai.” Nur Ihsan mengimbuhkan.

Pada kegiatan kali ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan minat masyarakat untuk bersama-sama membangun pariwisata di Bumi Tanadoang sehingga bisa bangkit dan jauh lebih baik secara bertanggungjawab dan berkelanjutan.

Selain Tamamelong Beach di Bontosikuyu juga terdapat sejumlah obyek wisata lain yang sangat indah. Misalnya Pantai Bonetappalang dibagian timur Pulau Selayar, Pantai Punagaan, Pantai Pasir Putih Bahuluang, Pantai Batu Karapu, Pantai Pinang dan Bukit Nane di Pulau Polassi. Kemudian Pantai Baloiya, Pantai Liang Kereta dan Pantai Je’neiya, Hutan Mangrove Matalalang, Perkampungan Tua Bitombang di Kecamatan Bontoharu.

Pantai Tanaera, Pantai Langsangereng, Pantai Balara, Water Fall Kara’be, Sumur Angker Tajuiya di Kecamatan Bontomate’ne. Taman Nasional Laut Taka Bonerate adalah taman laut yang memiliki kawasan atol terbesar ketiga didunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Luas atolnya mencapai 220.000 hektare dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km2. Taman Nasional Laut Taka Bonerate terletak di Kecamatan Taka Bonerate yang merupakan pecahan dari Kecamatan Pasi’masunggu. (Mds/fdy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *