Peduli Minat Baca, Komunitas Rumah Literasi di Pangkep Galakkan Lapak Baca

oleh -

bukabaca.id, Kepulauan Pangkajene – Minat baca masyarakat Indonesia masih kurang, jika dilihat dari data UNESCO minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca.

Dengan data dari UNESCO tersebut kita sebagai rakyat Indonesia merasa tertampar dan tertantang untuk mematahkan data tersebut. Untuk itu perlu dilakukan upaya dari setiap lapisan untuk menambah minat baca masyarakat kita. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan sosialisasi untuk masyarakat agar rajin membaca, selain itu terbatasnya sumber bacaan juga menjadi kendala masyarakat kita untuk rajin membaca.

Rumah Literasi adalah komunitas yang terbentuk karena melihat minimnya minat baca masyarakat khususnya di Kabupaten Pangkep, maka dari itu perlu suatu tempat untuk mewadahi minat baca dari masyarakat.

Rumah sebagai tempat atau wadah untuk bernaung sedangkan literasi secara sederhana diartikan sebagai kemampuan membaca dan menulis. Jadi Rumah Literasi hadir untuk menyediakan tempat bagi masyarakat mulai dari usia anak-anak, pemuda sampai orang tua untuk meningkatkan minat baca tulis(literasi).

Rumah Literasi menggelar lapak baca pada Sabtu, 16 Januari 2021 bertempat di pelataran terminal Segeri, Kecamatan Segeri, Kabupaten Pangkep. Kegiatan tersebut berlangsung dari pukul 19.30 sampai 22.00 malam. Kegiatan bertajuk lapak baca ini dilaksanakan secara kolektif dengan buku-buku yang digelar di lapak ini berasal dari buku kepunyaan anggota komunitas Rumah Literasi.

Kegiatan lapak baca selanjutnya akan dilaksanakan berkesinambungan tidak hanya sampai berhenti di satu lokasi saja.

“Jadi untuk sementara kegiatan kita itu adalah Lapak Baca yang diadakan hari Senin, Kamis, dan Sabtu dan kita akan bergeser di Kecamatan Ma’rang dan Mandalle artinya itu akan berputar terus supaya orang-orang berpendapat bahwa komunitas ini betul-betul serius di dalam meningkatkan minat literasi,” tegas Andi Fikran Walid perwakilan komunitas Rumah Literasi yang ditemui di kegiatan lapak baca di terminal Segeri.

“Selanjutnya lapak baca akan digelar di Kecamatan Mandalle. Rencananya hari Kamis, saya sudah berkoordinasi dengan teman-teman di bawah (Politani) bahwa akan diadakan lapak baca hari Kamis,” sambungnya.

Dengan terbentuknya Komunitas Rumah Literasi dan kegiatan Lapak Baca yang diadakan diharapkan agar literasi di masyarakat meningkat.

“Harapan saya yang pertama agar komunitas ini bisa diterima di masyarakat supaya jalan kita kedepannya mulus lagi ke masyarakat, dalam artian apa saja hal-hal yang terkait dengan literasi bisa diterima, itu saja dulu,” pungkas Andi Fikran Walid.

Komunitas Rumah Literasi saat ini beranggotakan 27 orang dengan latar belakang siswa, mahasiswa dan akademisi yang memiliki minat di dunia literasi.

Komunitas ini terbuka dan menunggu bagi masyarakat yang ingin wadah untuk meningkatkan literasi di masyarakat Indonesia pada umumnya serta masyarakat sekitar Kecamatan Segeri pada khususnya.

banner 300250