hari jadi sulsel

Momentum HUT ke-76 RI, Karang Taruna Simbang Gelar Balapan Kuda di Sawah

  • Bagikan

bukabaca.id, Maros – Semarak Agustus dalam memperingati HUT Ke-76 Republik Indonesia masih terasa. Salah satunya dengan menggelar lomba dalam merayakannya.

Tidak kalah unik dengan Karang Taruna atau KT Sinar Tanete Kecamatan Simbang Kabupaten Maros, Organisasi Kepemudaan ini menggelar Lomba Pacuan kuda dalam menghibur warganya.

Dalam mengapresiasi inisiatif Karang Taruna, Bupati Maros Chaidir Syam hadir langsung membuka lomba pacuan kuda sembari menaiki salah satu kuda milik warga kecamatan Simbang.

Chaidir Syam mengungkapkan, ini adalah olahraga yang sangat dekat dengan adat budaya Sulawesi Selatan, terlebih Bugis dan Makassar.

Menurutnya, Kuda ini sangat istimewah, selain baik untuk menjaga stamina juga merupakan olahraga yang disenangi Rasulullah semasa dulu.

Sementara itu, ketua panitia Nasrul mengatakan, bahwa lomba pacu kuda akan berlangsung selama dua hari yakni tanggal 24 hingga 25 Agustus 2021 besok.

“Adapun Peserta pada lomba pacu kuda sebanyak 20 orang dengan beragam usia, mulai dari pemuda hingga pria dewasa. Peserta juga tidak hanya dari Kabupaten Maros saja, beberapa diantaranya dari Kabupaten Jeneponto dan Takalar,” paparnya.

Sementara itu kata Nasrul, usia peserta termuda baru berkisar 20 tahun. Dirinya juga menjelaskan bahwa lomba pacuan kuda terdiri dari dua kategori yakni, kategori umum untuk beberapa kabupaten dan kategori lokal untuk maros.

Turut hadir dalam pembukaan Ketua Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia atau Pordasi Sulsel, Muzayyin Arif, Ketua Karang Taruna Maros Agus Salim, Anggota DPRD Provinsi Sulsel Irfan AB dan seluruh pengurus Karang Taruna Simbang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *