Meriahkan HUT ke-415 Makassar, Masyarakat Kompak Mengenakan Busana Adat

HUT ke-415 Makassar
Meriahkan HUT ke-415 Makassar, Masyarakat Kompak Mengenakan Busana Adat.

bukabaca.id, Makassar – HUT ke 415 Kota Makassar diperingati hari ini, Rabu (9/11/2022). Momentum bersejarah ini akan diperingati secara serentak di ratusan lorong wisata di Kota Makassar.

Upacara puncak berlangsung di Tribun Lapangan Karebosi, pukul 18.30 wita. Kegiayan ini akan diikuti oleh seluruh warga di 365 lorong wisata yang telah ditentukan oleh Pemkot Makassar.

Upacara di lorong wisata dipimpin oleh pejabat lingkup Pemkot Makassar. Mulai dari tataran sekretaris dinas, kepala bidang, kepala bagian, hingga kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Pembagiannya telah diatur melalui surat perintah nomor 800/6936/BKPSDMD/XI/2022.
Surat perintah yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah M Ansar tersebut menginstruksi bahwa pejabat yang ditugaskan harus mengikuti seluruh rangkaian HUT melalui live streaming.

Mereka juga diminta untuk membacakan pidato Wali Kota Makassar pada malam puncak tersebut.

Poin lainnya, pelaksanaan upacara menggunakan pakaian adat Makassar, Bugis, Toraja, atau Mandar.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengatakan, upacara peringatan HUT Makassar digelar di Tribun Lapangan Karebosi, Jumlah peserta yang diprediksi hadir capai 4 ribu orang.

Danny Pomanto mengatakan, jumlah tersebut lebih sedikit dari tahun sebelumnya yang bisa mencapai 12 ribu orang.

Kendati demikian, seluruh masyarakat bisa mengikuti upacara peringatan HUT di lorong wisata.
Tujuannya agar semua warga bisa merasakan kemeriahan HUT kota tercinta.

Longwis Mawar RW 11, Kelurahan Borong Kecamatan Manggala Meriahkan Hari Jadi Kota Makassar
Upacara memperingati Hari jadi Kota Makassar yg ke 415 ,tempat di adakan upacara di lorong mawar RW 11, turut hadir dalam acara tersebut Dedy Kurniawan,Sekretaris Lurah Kelurahan Borong dan seluruh ketua RT/RW Kelurahan Borong, dan tokoh masyarakat.
Dedy menjelaskan kepada bukabaca.id bahwa Memasuki usia ke-415 Kota Makassar, Dalam upaya meningkatkan Kesejahteraan Warga Pemerintah Kota akan menumbuhkan UMKM (Usaha Kecil Menegah dan Mikro) berbasis lorong dengn memberikan bantuan bukan saja permodalan, namun juga bantuan edukasi guna peningkatan mutu produk serta akses pemasaran, akan diberikan oleh Pemerintah Kota Makassar.

Diakhir wawancara Dedy mengharapkan Kota Makassar bisa menjadi kota yang aman dan nyaman bagi semua golongan dan menjadi kota yang tidak diskriminatif terhadap warganya.

TK Adinda Parinring Ikut Semarakkan Hari Jadi Kota Makassar ke-415. Kemeriahan hari jadi Kota Makassar ke-415 tahun ini juga disemarakkan oleh para murid sekolah di kota Makassar, Tidak terkecuali TK.

Adinda Parinring berlokasi di Kelurahan Tamangapa Kota Makassar. Murid-murid sekolah ini kompak mengenakan busana adat dalam rangka memeriahkan hari bersejarah bagi kota Makassar ini.

Murid perempuan mengenakan baju bodo dengan warna yang variatif. Sedangkan murid laki-laki mengenakan jas tutup dan songkok Bugis.

Beberapa murid TK Adinda Parinring memanfaatkan momen ini dengan foto bersama Guru Pendidik beserta orang tua murid.
Kepala TK Adinda Parinring, Reski Yanti S.Pd didampingi Bahra,Spd dan Noviyanti mengatakan mengenakan busana adat merupakan bagian dari upaya menanamkan dan mengenalkan nilai budaya kepada anak-anak sejak usia dini, pungkasnya kepada bukabaca.id. (Kanisius Kanis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *