hari jadi sulsel

Mahasiswa KKN UIN Alauddin Desa Tonronge Sidrap Ikut Serta Dalam Pelaksanaan Vaksinasi Brucella

  • Bagikan

bukabaca.id, Sidrap –  Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Alauddin Makassar Angkatan 66 Desa Tonronge, Kec. Baranti, Kab. Sidrap ikut serta dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi Brucella/Brucellosis pada ternak. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas peternakan dan perikanan kabupaten Sidrap, Senin (25/10/2021).

Berdasarkan pemantauan awak media, peternak yang ada di Desa Tonronge sangat berantusias dalam kegiatan vaksinasi tersebut. Selain itu, kegiatan ini juga diikuti oleh Tim PPL peternakan dan PPK Peternakan kec. Baranti.

“Kami sangat senang dan bangga bisa diajak dan berkontribusi dalam kegiatan vaksinasi Brucella pada ternak yang diadakan oleh Dinas Peternakan dan perikanan Kab. Sidrap. Di mana kami juga bisa mengabdi dan memberikan kontribusi dari apa yang kami ketahui dari bidang akademik kampus dan mengimplementasikannya kepada masyarakat sebagai mana tujuan kami Kuliah Kerja Nyata khusunya di Desa Tontonge kec. Baranti,” ucap Ilham Akbar salah satu Mahasiswa KKN UIN alauddin Makassar.

Selain itu kata dia, kegiatan vaksinasi Brucellosis/Brucella diperuntukkan bagi sapi yang berumur 4 bulan – 1 Tahun (sapi dara) untuk mencegah penyakit brucellosis/keguguran.

Sementara itu, Karman selaku salah satu Tim PPL peternakan di Desa Tonronge dan Tonrong Rijang berharap agar ke depan ada penyuluhan tentang fermentasi jerami padi untuk pakan sapi.

“Kalau bisa ada penyuluhan kepeternakan tentang fermentasi jerami padi untuk pakan sapi dikarenakan peternak hanya memberikan jerami langsung kepada ternak tanpa melakukan fermentasi kemudian juga Penyuluhan tentang penyakit SE, Antraks, Brucellosis dan pentingnya melakukan vaksinasi pada sapi agar ada kesadaran peternak berkeinginan memvaksin ternaknya khusunya sapi,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *