hari jadi sulsel

Layak Ditiru, SMPN 15 Sinjai Tengah Jadi Percontohan Sekolah Siaga Kependudukan

  • Bagikan
Dinas Pendidikan bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten sinjai menggelar sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan di Aula SMP Negeri 15 Sinjai Tengah, Senin (19/10/2020).
Dinas Pendidikan bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten sinjai menggelar sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan di Aula SMP Negeri 15 Sinjai Tengah, Senin (19/10/2020).

bukabaca.id, Sinjai – Dinas Pendidikan bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Sinjai menggelar sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan di Aula SMP Negeri 15 Sinjai Tengah, Senin (19/10/2020).

SMPN 15 Sinjai Tengah menjadi sekolah percontohan Sekolah Siaga Kependudukan di Kabupaten Sinjai. Olehnya itu, sekolah ini diharap mampu menjadi contoh atau memberi mamfaat bagi sekolah lain.

Kepala Dinas Pendidikan Sinjai Andi Jefrianto Asapa membuka secara resmi kegiatan sosialisasi. Selain sosialisasi, Kadisdik Sinjai juga menandatangani kerjasama sekolah percontohan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK).

Kepada bukabaca.id, Andi Jefrianto Asapa mengatakan sosialisasi ini sangat perlu dilakukan guna menyikapi berbagai dampak kependudukan.

“Selain itu juga, merupakan upaya konkrit untuk mengantisipasi dan mengatasi permasalahan yang ditimbulkan. Sekolah Siaga Kependudukan sangat diperlukan sinergitas antara guru dan siswa,” tutur Andi Jefrianto Asapa.

Lebih lanjut, ia mengatakan akan mengintegrasikan materi ke dalam kurikulum pendidikan. Dengan itu diharapkan peserta didik dapat lebih memahami mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kependudukan.

“Di antaranya, pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi remaja, pendewasaan usia nikah, peningkatan kualitas penduduk usia produktif, serta dinamika penduduk,” bebernya.

Sementara itu, Plt Kepala Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Haerani Dahlan menyatakan Siaga Kependudukan (SSK) adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam beberapa mata pelajaran.

“Sebagai pengayaan materi pembelajaran, di mana di dalamnya terdapat pojok kependudukan sebagai salah satu sumber belajar peserta didik sebagai upaya pembentukan generasi berencana. Selain itu, agar guru dan peserta didik dapat memahami isu kependudukan dan guru mampu mengintegrasikan isu kependudukan ke dalam pembelajaran,” katanya.

“Saya berharap kegiatan ini tidak menjadi beban kepada anak-anak sekolah. Insyaallah dan akan memberikan manfaat kita semua dalam mewujudkan kependudukan di sekolah,” pungkas Haerani.

Hadir dalam sosialisasi sekolah siaga kependudukan Plt Dinas Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, Camat sinjai Tengah Tengah dan Dinas Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak provinsi Sulawesi Selatan. (Ridwan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *