Klub Jantung Sehat Manggala Kampanyekan “Panca Usaha Jantung Sehat”

Klub Jantung Sehat Manggala Kampanyekan "Panca Usaha Jantung Sehat"
Klub Jantung Sehat Manggala Kampanyekan "Panca Usaha Jantung Sehat", Minggu (25/9/2022).

bukabaca.id, Makassar – Demam Senam Jantung Sehat sedang melanda masyarakat saat ini, tidak terkecuali masyarakat di Kecamatan Manggala, Kota Makassar, kecenderungan ini didorong oleh antusiasme dan semakin tingginya kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup sehat.

Klub Jantung Sehat (KJS) adalah salah satu program Yayasan Jantung Indonesia bertujuan memberi motivasi masyarakat agar hidup lebih sehat dengan pengetahuan pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah melalui olahraga yang teratur dan terukur.

Selain memiliki program preventif, kuratif dan rehabilitatif, Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Provinsi Sulawesi Selatan yang menaungi Klub Jantung Sehat Manggala juga memiliki program promotif yaitu kegiatan penyuluhan kepada masyarakat luas dalam meningkatkan promosi kesehatan jantung melalui berbagai media. Demikian penjelasan Mashud Azikin, Koordinator Klub Jantung Sehat Manggala disela-sela latihan Senam Jantung Sehat bersama anggota KJS Manggala hari ini (25/9/2022), di Pintu gerbang Perumnas Antang Kota Makassar, Latihan dipandu langsung oleh instruktur senior Jamal,S.Pd,M.Pd.

Selain KJS Yayasan Jantung Indonesia, juga membentuk KJS khusus rehabilitasi untuk memberikan pelatihan fisik pada pasien pasca operasi jantung sebelum bisa kembali berolahraga seperti biasa atau bergabung dengan KJS yang berada di masyarakat. Di samping itu, KJR (Klub Jantung Remaja) yang bertujuan untuk menciptakan remaja sehat dan produktif juga sebagai agen perubahan juga influencer gaya hidup sehat yang informatif pada kesehatan jantung bagi remaja, juga merupakan program unggulan Yayasan Jantung Indonesia.

Sampai saat ini , KJS Manggala telah memiliki anggota lebih kurang 120 orang yang berasal dari 8 (delapan) kelurahan di Kecamatan Manggala Kota Makassar. Saat ini fokus utama KJS Manggala adalah mengkampanyekan “Panca Usaha Jantung Sehat” bagi anggotanya, 5 (lima) point penting sebagai pedoman berperilaku hidup sehat yang telah digariskan oleh Yayasan Jantung Indonesia itu adalah Seimbang gizi, Enyahkan rokok, Hindari stress, Awasi tekanan darah, dan Teratur berolahraga.

“Kami sangat mengharapkan kiranya masyarakat, dapat berpartisipasi dengan bergabung di dalam Klub jantung Sehat, guna mensukseskan visi dan misi mulia berdirinya Yayasan Jantung Indonesia yang tahun ini telah memasuki usia 40 tahun, Memastikan sebanyak mungkin jantung tetap sehat berdetak, dengan tetap melibatkan pemerintah dan masyarakat dari berbagai kalangan, untuk satu tujuan: Jantung Sehat di seluruh penjuru Indonesia”. Kunci Mashud Azikin menutup uraiannya. (Mastricht)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *