banner 728x250

Berita  

Karnaval Budaya 11 Kecamatan Meriahkan Hari Jadi Ke-414 Selayar

karnaval budaya selayar

bukabaca.id, Kepualauan Selayar – Hari jadi Kabupaten Kepulauan Selayar diperingati setiap 29 November. Menyambut momentum besar itu, berbagai rangkaian kegiatan digelar.

Pada peringatan hari jadi ke-414 tahun ini, salah satu rangkaian hajatan yang digelar adalah karnaval budaya. Berlangsung di Lapangan Pemuda Benteng, Rabu (27/11/2019). Diikuti 11 kecamatan, baik di daratan dan pulau.

11 kecamatan itu adalah Kecamatan Bontosikuyu, Benteng, Bontomanai, Bontomatene, Bontoharu, Buki, Pasi Lambena, Pasi Masunggu Timur, Pasi Masunggu, Pasi Marannu, dann Taka Bonerate.

Peserta karnaval menampilkan cerita rakyat dan ciri khas daerang masing-masing. Salah satunya Kecamatan Bontosikuyu yang menampilkan upacara ritual adat Ambantang Tanah.

Selanjutnya, Kecamatan Benteng menampilkan Pamudayya Ri Butta Benteng, dan Kecamatan Pasi Masunggu menampilkan Mapparola atau A’matoang.

Selain itu, masih banyak penampilan cerita rakyat dari setiap kecamatan, menambah keseruan acara karnaval budaya.

Beberapa dari peserta yang tampil di hadapan Bupati Selayar, HM Basli Ali, di depan rumah jabatan memberikan oleh-oleh atau bingkisan. Ratusan masyarakat berkumpul menyaksikan kemeriahan karnaval budaya ini.

Selanjutnya para peserta karnaval budaya berjalan mengelilingi Kota Benteng sambil mempertunjukkan cerita rakyat dari setiap kecamatan dan terakhir kembali ke Lapangan Pemuda Benteng. (Fakhrul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *