Jokowi Tutup KTT G20, Sampaikan 4 Poin Konkret

KTT G20 Berakhir di Bali
Foto: Presiden Joko Widodo (tengah) menghadiri konferensi pers KTT G20 di BNDCC, Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

bukabaca.id, Bali – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah menutup perhelatan KTT G20 yang digelar di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, 15-16 November 2022.

Sekadar diketahui, selain Leaders Declaration, Presidensi G20 Indonesia juga menghasilkan Concrete Deliverables.

Dalam keterangan pers di Media Center yang berlokasi di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Rabu (16/11/2022), Jokowi membeberkan beberapa hasil konkret dari KTT G20. Perinciannya adalah sebagai berikut:

1. Terbentuknya Pandemic Fund yang sampai hari ini terkumpul US$ 1,5 miliar

2. Pembentukan dan operasionalisasi Resilient and Sustainability Trust di bawah IMF US$ 81,6 miliar untuk membantu negara-negara yang menghadapi krisis.

3. Energy Transition Mechanism (ETM) khususnya untuk Indonesia memperoleh komitmen melalui program Just Energy Transition sebesar US$ 20 miliar.

4. Komitmen bersama setidaknya 30% dari daratan dunia dan 30% dari lautan dunia dilindungi di tahun 2030. Dan melanjutkan komitmen mengurangi degradasi tanah sampai 50% secara sukarela.

“Saya kira hasil yang konkrit, meski banyak sekali sebetulnya hasil-hasil yang lainnya,” kata Jokowi. (Matrick)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *