banner 728x250

Gowa  

Jelang Pemilu 2024, Bupati Gowa Tekankan Netralitas ASN

(Foto: Pemkab Gowa)

BukaBaca.id, Gowa – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, bersama Wakil Bupati Gowa, Abd. Rauf Malaganni, menghadiri apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 yang diselenggarakan Polres Gowa di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Selasa (17/10/2023).

Apel ini dilaksanakan jelang memasuki tahapan pendaftaran bakal calon legislatif dan kepala daerah pada Pemilu 2024 mendatang.

Adnan mengatakan apel ini untuk mengecek kesiapan personel dalam rangka menghadapi pemilu yang sebentar lagi telah dimulai pendaftarannya.

“Kita ketahui jadwal pendaftarannya tanggal 19 hingga 25 Oktober 2023 yang mana itu sisa menghitung hari, sehingga perlu untuk dilakukan pengecekan kesiapan para pasukan yang berkolaborasi dari seluruh stakeholder yang ada untuk bisa mengamankan pesta demokrasi yang tentunya ini merupakan kegiatan lima tahunan yang harus berjalan dengan aman baik, sukses dan kita harapkan berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Adnan juga menekankan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa untuk menjaga netralitasnya. Berdasarkan undang-undang, ASN tidak boleh berpihak, tidak boleh mengkampanyekan pasangan calon (paslon), tetapi perlu diingat bahwa ASN juga memiliki haknya untuk memilih.

“Ingat ASN tidak boleh mengampanyekan calon tetapi boleh memilih calon sehingga kita harapkan ASN kita tetap menjaga netralitasnya, tetapi kita juga meminta untuk ASN untuk tetap datang ke TPS untuk memilih pasangan calon untuk 2024,” ungkapnya.

Kapolres Gowa, AKBP Reonal Simanjuntak, mengatakan sebanyak 721 personel yang dilibatkan dalam pengamanan Pemilu 2024 mendatang.

“Kalau dari Polres kita siapkan 721 personel yang kita libatkan ditambah nanti dari Brimob kurang lebih 100 personel kemudian dari TNI juga akan membekap kita terkait pengamanan Pemilu,” ungkapnya.

Ia menekankan kepada para personel untuk menjaga netralitas dan harus menjamin keamanan bagi masyarakat dalam menjalankan tugas-tugas di lapangan pada pemilu mendatang.

“Tetap jaga netralitas untuk para personil dan tetap jaga kesehatan serta harus menjaminkan kepastian keamanan, bagi masyarakat jelang Pemilu 2024,” ujarnya.

Apel ini turut dihadiri Dandim 1409 Gowa, Letkol Inf. Muhamad Isnaeni Natsir, Pj Sekda Gowa, Abd. Karim Dania, Ketua KPU Gowa, Fitra Syahdanul, dan Ketua Bawaslu Gowa, Saparuddin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *