banner 728x250

Intip, 4 Cara Agar Terhindar dari Virus

cara menghindari virus
Ilustrasi menggunakan masker salah satu cara terhindar dari virus (Foto: happyfresh)

bukabaca.id, Maros – Berawal dari Wuhan, China 2019 lalu, virus Corona atau Covid-19 sampai saat ini telah banyak memakan korban. Salah satunya tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan pun menjadi korban keganasan virus tersebut.

Salah satu cara untuk menghindar dari virus tersebut adalah menjaga diri, dengan menggunakan alat pelindung diri seperti masker medis.

Tapi, untuk mendapatkan masker medis pun saat ini sangat sulit dan terbilang langka. Karena itu, salah satu cara mengantisipasi kelangkaan masker tersebut adalah dengan membuat masker dari bahan kain yang saat ini menjadi pilihan sebagian orang.

Untuk menghindar dari penularan Covid-19 itu sebenarnya tidak cukup kalau menggunkan maskes saja. Tapi, kita juga harus tahu bahwa ada banyak cara lain untuk bisa menghindari virus corona yang mematikan itu.

Ada beberapa langkah yang perlu kita ketahui agar terhindar dari penyebaran virus tersebut, diantaranya :

  1. Rajin Cuci Tangan
    Tangan merupakan salah satu alat gerak yang dimiliki setiap orang. Bahkan tangan juga dianggap sebagai sarangnya kuman atau penyakit, termasuk virus corona. Bisa jadi, virus tersebut menelpel pada tangan kita. Oleh karena itu, penting untuk kita, sebelum dan setelah beraktivitas wajib cuci tangan menggunakan sabun dan menggunakan air mengalir.

Menurut anjuran Centers for Disease Control and Prevention (CDC), bersihkan tangan dengan sabun dan air yang mengalir sekurangnya 20 detik setelah Anda berada di area publik. Pastikan juga Anda mencuci tangan setelah bersin, batuk atau membersihkan kotoran hidung. Jika air tak tersedia, maka hand sanitizer bisa menjadi alternatif untuk membersihkan telapak tangan.

  1. Hindari Kontak Fisik

Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan meningkatkan kewaspadaan jika kontak dengan orang disekitar kita.

Berdasarkan imbauan WHO, kamu perlu jaga jarak dengan mereka yang batuk atau bersin sekitar 1 meter. Sebab, kita tak pernah tahu apakah orang yang sakit itu ternyata terinfeksi virus corona.

  1. Jangan Pegang Hidung, Mata dan Mulut

Terkadang kita tidak sadar menyentuh bagian dari tubuh kita, salah satunya hidung atau mulut. Jika terkontaminasi, maka virus yang menempel pada tangan, kemudian virus tersebut akan masuk ke dalam tubuh dan akan membuat kita sakit.

  1. Jaga Kekebalan Tubuh

Virus akan masuk ke tubuh seseorang jika orang tersebut tidak dalam keadaan sehat. Apalagi saat kondisi kurang sehat, sebaiknya konsumsi makanan yang bergisi dan rajin berolahraga agar tubuh tetap terjaga.

Tidak hanya itu, ada banyak cara lain agar tubuh tetap sehat fit. Misalnya, konsumsi vitamin c sesuai dengan dosis. Sebelum konsumsi vitamin c, pastikan kalau aman dari lambung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *