banner 728x250

Berita  

Imbas Corona, Industri Property Ibarat Jatuh Tertimpa Tangga Kejedot Pintu

Industri Property saat corona
Ilustrasi (Foto: Jayaproperty)

bukabaca.id, Maros – Merebaknya Virus Corona jenis Covid-19 di Indonesia mengakibatkan sejumlah sektor mengalami penurunan signifikan. Bahkan beberapa perusahaan telah diperkirakan mengalami kemunduran usaha.

Seperti Industri Properti misalnya. Sektor ini disebut paling merasakan dampak dari Covid-19 yang saat ini ditakuti dunia. Imbas Corona pada Industri Properti mengakibatkan menurunnya jumlah penjualan. Bahkan diperkirakan adanya risiko kredit macet dari para debitur.

Seperti dikutip dari CNBC Indonesia Senin 6 April 2020, risiko ancaman kredit tersebut disampaikan Dewan Pengurus Daerah REI DKI Jakarta, Arvin F. Iskandar. Ia menyebut sektor industri realestat di DKI Jakarta terkena dampak buruk Virus Corona.

“Tingkat penjualan drop, sementara biaya yang harus dikeluarkan tetap,” katanya.

Menurunnya omset dan volume penjualan, kata Arvin, hal tersebut akan berdampak pada menurunnya kemampuan membayar pengembang terhadap bank atas kewajiban utang.

Selain itu, dalam situasi Covid-19 saat ini membuat para pengembang kesulitan mendatangkan material dan bahan baku karena Negara produsennya juga terdampak Corona.

Diketahui sebagian proyek realestat di DKI Jakarta berbahan dasar material atau bahan baku yang diperoleh dari dari Negara-negara yang juga terdampak Covid-19.

Sementara itu, mantan Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) Soemawawinata mengistilahkan kondisi dunia properti yang sedang lesu semakin parah saat ada wabah corona.

“Betul ada potensi kredit macet, ibaratnya sudah jatuh tertimpa tangga, kejedot pintu,” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *