banner 728x250

Dinas Koperasi dan UMKM Makassar Distribusikan 100 Gerobak ke PKL Pisang Epe’

(Foto: Pemkot Makassar)

BukaBaca.id, Makassar — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar lewat Dinas Koperasi dan UMKM dalam waktu dekat akan mendistribusikan 100 unit gerobak baru kepada pedagang kaki lima (PKL) pisang epe’.

Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, usai rapat koordinasi (rakor) terkait penataan PKL pisang epe’ Anjungan Pantai Losari di Balai Kota Makassar, Selasa (17/10/2023).

Penataan ini bertujuan agar para PKL terlihat lebih rapi dengan menggunakan konsep keseragaman. Fatmawati menegaskan ini bukan relokasi, tetapi penataan untuk lebih baik.

“Ini bukan untuk relokasi ulang, tetapi ditata lebih baik karena anjungan ini salah satu ikon kita yang terkenal. Lokasinya tetap,” ujarnya.

Kata Fatmawati, ada tiga tahap penyaluran. Tahap I untuk PKL pisang epe’ yang terletak di sekitar Tugu MNEK sebanyak 26 pedagang. Sisanya tahap II di lokasi Anjungan Pantai Losari dan tahap III di sekitaran Tugu Mandar.

Penyaluran ini telah melalui tahap verifikasi dan pada tahap I diperuntukkan untuk pedagang yang ber-KTP Makassar serta terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Makassar.

“Diutamakan yang ber-KTP Makassar. Nanti tahap II dan selanjutnya baru yang ber-KTP dari luar. Karena ternyata banyak juga yang sudah berjualan lama, tapi KTP-nya bukan Makassar. Tetap kita cover, tapi di tahap selanjutnya. Jangan khawatir,” tutur Fatmawati.

Fatmawati menambahkan untuk gerobak yang dibagikan sudah dilengkapi fasilitas, seperti sink, tempat pembakaran, satu set kursi, dan meja.

“Jadi, kebersihannya juga sudah kami pikirkan. Nanti para pedagang juga akan mengikuti beberapa standar, seperti keseragaman harga yang sudah tertera di daftar menu agar konsumen tidak merasa dirugikan,” ungkapnya.

Ia berharap penataan lebih rapi seperti ini akan menambah daya tarik dan kenyamanan terhadap pengunjung baik lokal, nasional, dan internasional yang ingin menikmati kelezatan pisang epe’ di sepanjang Pantai Losari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *