hari jadi sulsel

Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra UNM Lakukan Penelitian PNPB Pascasarjana 2021

  • Bagikan

bukabaca.id, Makassar – Dekan Fakultas Bahasa dan Satra (FBS) Universitas Negeri Makassar, Prof. Dr. Syukur Saud, M.Pd bersama 2 orang Dosen FBS, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Dr. Nur Aeni, S.Pd.,M.Pd dan Pendidikan Bahasa Jerman, Dr. Laelah Azizah, M.Hum melakukan penelitian PNBP Pascasarjana 2021 dengan judul “Investigasi Keterlibatan Mahasiswa Dalam Belajar Online Berbasis Gamifikasiā€.

Pada penelitian tersebut mereka melibatkan Mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Inggris Tahun Akademik 2020/2021, dengan menggunakan desain penelitian mix metod, yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif serta eksplorasi merupakan bagian dari penelitian ini. 

Hal ini dikarenakan tingginya tingkat ketidakpastian tentang perspektif dosen dan mahasiswa tentang gamifikasi dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing secara online.

Dalam hal ini, Prof. Dr. Syukur Saud, M.Pd sebagai Ketua Peneliti dalam penelitian PNBP Pascasarjana 2021 mengatakan bahwa pembelajaran elektronik sekarang menjadi trend baru dalam pendidikan, dan saat ini dipandang sebagai metode pembelajaran yang penting.

“Terutama selama wabah Covid-19 ketika orang disarankan untuk mempraktikkan jarak sosial dan menghindari keramaian sebagai strategi pencegahan nasional selama pandemi.

Selain itu, Dr. Nur Aeni,S.Pd, M. Pd menambahkan bahwa  Penerapan gamifikasi dengan menggunakan aplikasi quizziz dan bamboozle adalah salah satu bentuk pendekatan yang dilakukan untuk mengatasi masalah keaktifan dan motivasi belajar mahasiswa.

“Gamifikasi merupakan konsep pendekatan yang menyisipkan unsur unsur permainan untuk menarik perhatian dan konsentrasi mahasiswa, memotivasi, mempromosikan proses pembelajaran, serta menyelesaikan satu masalah dalam melibatkan dan menarik minat siswa dalam proses belajar mengajar secara online,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *