Dakwahkan Keutamaan Menahan Diri, Wabup Selayar jadi Khatib Salat Idulfitri 1442 H

  • Bagikan

bukabaca.id, Kepulauan Selayar – Bupati kepulauan Selayar, H Muh Basli Ali bersama Wakil Bupati (Wabup), H. Saiful Arif, S.H dan juga para forkopimda serta umat muslim melaksanakan salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah di Lapangan Pemuda, Kepulauan Selayar, Kamis (13/5/2021).
 
Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaan Sholat Idul Fitri ini sarat dengan penerapan protokol kesehatan. Jemaah tampak menggunakan masker. 

Pelaksanaan salat Idulfitri dimulai pada pukul 07.00 wita, dengan yang menjadi khatib adalah Wakil Bupati, sementara Imam sholat yakni ustaz Muhammad Usman. 

Khotbah yang dibawakan oleh Wakil Bupati berjudul ‘Menahan Diri” yang menjadi syarat utama untuk menjemput janji ilahi bagi mereka yang bertaqwa. 

Wabup H. Saiful Arif mengatakan puasa pada hakekatnya adalah “Al-imsak” yang artinya menahan, (menahan amarah) sebagai satu ciri atau tanda orang bertaqwa yang dijanji dan dijamin oleh Allah akan mendapatkan ampunan dan magfirah dan syurga. 

“Ramadan telah berlalu namun nilai-nilainya harus tetap terpelihara dalam pribadi setiap insan, ramadan telah menggembleng kita dengan latihan menahan diri,” kata Wakil Bupati H. Saiful Arif. 

Hasil didikan ramadan harus kita buktikan sejak awal syawal dan seterusnya sampai kita ketemu kembali dengan ramadan tahun mendatang itupun jika kita masih mendapat rezki umur panjang, jelasnya. 

Pada sisi lainnya Saiful Arif yang juga menegaskan kepada jamaah idul fitri untuk menindaklanjuti “Gerakan Selayar Mengaji” yang merupakan manivestasi motto pembangunan daerah “Mapan Mandiri” singkatan dari “Menata arah masa depan masyarakat adil dan makmur di bawah ridho ilahi. 

Gerakan Selayar Mengaji yang telah dicanangkan pada 17 Ramadan 1442 H yang lalu perlu segera ditindaklanjuti dengan usaha-usaha kongkrit oleh semua pihak, baik oleh jajaran pemerintah maupun organisasi kemasyarakatan, sehingga pada akhirnya menjadi gerakan masyarakat yang berbasis pada keluarga muslim. 

“Jangan pernah merasa rugi jika menghabiskan waktu karena mengaji, karena Al qur’an merupakan mu’jizat yang penuh berkah, Mari kita programkam gerakan kecamatan mengaji, gerakan desa/kelurahan mengaji, gerakan sekolah mengaji dan gerakan kantor mengaji,” pintanya.

Mengakhiri khutbahnya Wabub Saiful Arif mewakili Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar mengucapkan Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/ 2021 M, mohon maaf Lahir dan batin, bangun sinergitas untuk Selayar yang lebih maju dan sejahtera. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *