hari jadi sulsel

Bupati Bone Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-76 RI

  • Bagikan

bukabaca.id, Bone – Dalam memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI), jajaran pemerintah kabupaten (pemkab) Bone menyelenggarakan upacara di halaman Kantor Bupati Bone, Selasa (17/8/2021).

Dalam pelaksanaan pengibaran bendera merah putih tersebut, Bupati Bone Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi M.Si bertindak langsung sebagai inspektur upacara.

Peringatan HUT RI tahun ini merupakan kali kedua dilaksanakan di masa pandemi Covid-19, sehingga peserta dibatasi dan acara digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

Tema HUT RI tahun ini yakni Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh, sangat relevan dan menggambarkan Bone sebagai front pertahanan para pejuang dalam mengusir penjajahan Belanda masa lalu.

“Perjuangan tersebut mulai dari perlawanan Raja Bone ke-31 La Pawawoi Kr. Segeri tahun 1905. Kemudian perjuangannya dilanjutkan oleh Raja Bone ke-32 La Mappanyukki dalam upayanya merebut dan mempertahankan kemerdekaan,” ujar Bupati Fahsar.

“Sebenarnya jika kita menoleh ke sejarah, dahulu Bone menjadi daerah yang strategis bagi para pejuang untuk berkumpul untuk mencapai satu tujuan yakni berperang untuk memperjuangkan kemerdekaan. Namun, saat ini yang kita hadapi bukan lagi penjajahan berbentuk fisik, tapi penjajahan dalam bentuk kasat mata, seperti penjajahan mental sampai penjajahan oleh virus yang sangat kecil, yakni Covid-19,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Bupati Bone juga mengatakan, belajar dari sejarah meyakinkan bahwa masyarakat Bone bisa bangkit untuk melawan segala bentuk penjajahan.

‚ÄúDari sejarah yang sudah ditorehkan itu, tentu kita sama-sama meyakini, bahwa masyarakat Kabupaten Bone mampu untuk bangkit untuk melawan segala bentuk penjajahan. Dengan Sumange Tealara, Bupati Bone mengajak masyarakat Kabupaten Bone untuk bangkit dan merdeka dari keterpurukan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Untuk melakukan gerakan ini kita tidak bisa bergerak sendiri-sendiri, tapi butuh gerak bersama menuju perubahan ke arah yang lebih baik,” jelasnya.

Pada pelaksanaan upacara tersebut turut dihadiri oleh Forkopimda Bone, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bone, Kepala OPD Bone serta tamu undangan lainnya.

Setelah itu, Bupati Bone bersama dengan wakil Bupati Bone dan Sekretaris Daerah mengikuti detik-detik proklamasi dan upacara pengibaran sang saka merah putih di Istana Negara secara virtual, di Gedung PKK Kabupaten Bone, Selasa (17/8).

Turut hadir menyaksikan langsung detik-detik proklamasi yakni Danrem 141/Tp, Ketua DPRD Bone, Kapolres Bone, Dandim 1407 Bone, Kajari Bone, Ketua Pengadilan Negeri Bone, Dandenpom, Danyon C Plopor Serta Kepala OPD Bone.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *