hari jadi sulsel

Bupati Basli Ali Resmi Buka Pelatihan Dasar CPNS Lingkup Pemkab Selayar

  • Bagikan

bukabaca.id, Kepulauan Selayar – Bupati Kepulauan Selayar, H Muh Basli Ali telah resmi membuka Pelatihan dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lingkup Pemerintah kabupaten Kepulauan Selayar, Senin (24/5/2021).

Kegiatan pelatihan Latsar CPNS tersebut diselenggarakan secara langsung di Ruang Pola Kantor Bupati, sekaligus dirangkaian dengan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama pejabat administrator, pejabat pengawas dan pengangkatan pertama PNS dalam jabatan fungsional.

Upacara pembukaan dipimpin langsung oleh Bupati Kepulauan Selayar, H. Muh. Basli Ali, dihadiri oleh  Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, S.H., Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan Drs. Teken, M.M., Para Kepala OPD, Pejabat Struktural dan Fungsional Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.

Terkait dengan Pelatihan tersebut, Bupati Kepulauan Selayar menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan atas kesediannya untuk melakukan kerjasama dalam upaya meningkatan SDM Aparatur  lingkup  Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar  termasuk  dalam merencanakan dan menyelenggarakan LATSAR ini.

Lebih lanjut, Bupati Basli Ali  juga menyebutkan bahwa Pendidikan dan Pelatihan bagi sumber daya CPNS bertujuan untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi, nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggungjawab dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

“Berharap melalui sentuhan pendidikan dan pelatihan ini para CPNS  mampu mengasah kemampuannya, menjadi wahana untuk meningkatkan keterampilan, kompetensi dan sikap selaku aparatur yang pada akhirnya bermuara pada profesionalisme dalam bekerja dan memberikan pelayanan,” harapnya.

Tak hanya itu, Bupati juga menegaskan bahwa penerimaan CPNS dilingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar  dari  tahun ke tahun diselenggarakan secara  transparan. 

“Tidak ada sedikitpun unsur KKN didalamnya, mulai dari penjaringan, seleksi berkas, ujian hingga pengumuman, semua dilaksanakan sesuai regulasi yang ada,” ungkapnya. 

Di akhir sambutannya, Bupati Basli Ali juga menginstruksikan  kepada panitia Latsar untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta guna memberikan contoh yang baik kepada seluruh peserta Latsar dalam memberikan layanan standar dalam system birokrasi pemerintahan.

Sementara itu, Sekretaris BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. Teken, M.M., mengatakan bahwa  Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan unsur utama sumber daya manusia  dipemerintahan yang memeliki peranan yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Dengan demikian, katanya sangat dibutuhkan proses pembinaan melalui jalur pelatihan sebelum diangkat  dan ditetapkan menjadi PNS atau masih dalam masa prajabatan yakni masa percobaan selama  satu tahun yang wajib dijalani oleh CPNS.

“Tantangan ASN saat ini sangat beragam, dibutuhkan ASN yang memiliki kompetensi baik kompetensi manjerial maupun kompetensi sosio kultural, oleh karena itu pelatihan ini adalah langkah awal para CPNS sebagai ujung  tombak pelayanan publik  haruslah ditempa untuk menghadapi segala tantangan tersebut,” kuncinya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *