Bocoran Fitur Terbaru WhatsApp, Foto Kiriman Pengguna Bisa Terhapus Otomatis

oleh -
Gambar: Screenshoot Postingan Twitter @WABetaInfo, Fitur Terbaru WhatsApp (sumber/Ist)

bukabaca.id, – Pembaruan aplikasi WhatsApp semakin keren dengan menghadirkan fitur-fitur menarik. Salah satunya yakni aplikasi WhatsApp telah memiliki fitur yang memungkinkan seseorang atau pengguna bisa mengirim foto lalu foto yang dikirimkan tersebut bisa langsung otomatis terhapus atau dikenal dengan istilah self-destructing photos.

Terkait pembaruan fitur tersebut diketahui setelah pengguna akun Twitter @WABetaInfo yang mengunggah beberapa hasil tangkapan layar (screenshot), dalam sebuah kicauan menunjukkan bahwa pengguna dapat mengirimkan foto yang hanya bisa dilihat dalam periode waktu tertentu.

Jadi saat pengguna mengirim foto, lalu foto dibuka, pengguna akan melihat penanda waktu hitung mundur di sisi kiri bawah yang menunjukkan berapa banyak waktu yang tersisa sebelum foto menghilang.

Tak hanya itu, dalam unggahan @WABetaInfo juga terlihat tangkapan layar yang menunjukkan bahwa foto akan terhapus jika pengguna meninggalkan ruang obrolan yang sedang berlangsung.

Diketahui bahwa akun Twitter @WABetaInfo ini sendiri memang kerap memberikan bocoran-bocoran tentang calon fitur baru WhatsApp dengan akurat sebelum resmi diluncurkan. Bahkan WABetaInfo juga menyebutkan bahwa foto yang dikirim menggunakan fitur self-destructing photos ini tidak bisa diekspor atau dikirim ke luar aplikasi WhatsApp. Dalam uji coba kali ini, WABetaInfo melaporkan bahwa WhatsApp belum menerapkan pedeteksi screenshot shingga bisa saja pengguna menangkap gambar layar sebelum gambar terhapus.

Menurutnya, fitur self-destructing photos ini agaknya mirip dengan fitur “View Once” yang ada pada direct message Instagram. View Once juga memungkinkan pengguna Instagram mengirimkan foto atau video yang hanya dapat dilihat satu kali saja oleh pengguna.

Dilansir dari situs DigitIn, Jumat (5/3/2021) bahwa fitur foto terhapus sendiri ini diduga akan hadir untuk aplikasi di perangkat Andorid maupun iOS, tapi waktu rilis resminya masih belum diketahui.

Sebelum fitur self-destructing photos, WhatsApp lebih dulu memiliki fitur self-destructing messages. Di mana dalam fitur tersebut memungkinkan pengguna mengirim pesan yang akan terhapus secara otomatis dalam periode waktu tertentu. Dalam persiapan fitur self-destructing messages sendiri, aplikasi WhatsApp telah menyediakan beberapa opsi pilihan periode waktu sebelum pesan terhapus secara otomatis, mulai dari satu jam, satu hari, satu bulan, hingga satu tahun. (Dev)

banner 300250