hari jadi sulsel

Bersama Sang Istri, Bupati Fahsar Tunaikan Zakat Harta di Baznas Bone

  • Bagikan

bukabaca.id, Bone – Bupati Bone HA Fahsar Mahdin Padjalangi  bersama dengan istrinya Hj. Kurniati A Fahsar menunaikan zakat harta di Kantor Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), di Lantai Masjid Al-Markas Al-Ma’arif Kabupaten Bone, Rabu (5/5/2021).

Dalam hal ini, Bupati Bone Dr. HA Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si mengatakan bahwa kedatangannya ke Baznas Bone bersama dengan istri dalam rangka menunaikan zakat harta.

“Tadi saya sudah tunaikan dan diterima langsung oleh pihak baznas, ibu juga mengeluarkan zakat hartanya. Selain itu saya juga berinfak,” katanya.

Menunaikan zakat harta kata bupati dua periode ini sudah secara rutin dilakukan setiap tahunnya. Bahkan pihaknya pun meyakini bahwa dengan menunaikan zakat harta, sangat memberikan manfaat dan faedah bagi rejeki.

“Alhamdulillah hari ini kita tidak hanya berdua, melainkan kita juga sama sama dengan pimpinan OPD lainnya untuk sama sama menunaikan zakat di Baznas Bone,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Bone Drs. H. Zainal Abidin mengungkapkan, sudah hampir 4 tahun Baznas Bone beroperasi di Bone. Dari tahun ke tahun animo masyarakat dalam menunaikan zakatnya terus mengalami peningkatan.

Jika dibandingkan tahun tahun awal berdirinya Baznas Bone zakat harta dan infak yang masuk hanya mencapai Rp1 miliar, 2018 meningkat menjadi Rp1,8 miliar, 2019 sudah tembus diangka Rp2 miliar begitupun di tahun 2020 sudah mencapai angka Rp3 miliar.

“Berkat peningkatan itu, Baznas Kabupaten Bone pun mendapat award sebagai Baznas pertumbuhan tertinggi dalam setiap tahunnya,” ujarnya.

Wakil Ketua II Baznas Bone bagian pengumpulan zakat Hj Faridah Hanafing, SE mengungkapkan potensi zakat di Bone terbilang besar, hanya saja belum maksimal.

Ia pun mencontohkan dari ASN saja potensi zakat harta bisa mencapai Rp12 miliar, cuma yang rutin hingga saat ini baru mencapai Rp700 juta per tahun. Termasuk pengusaha realisasi zakatnya baru diangka 0,91 persen.

“Inilah yang menjadi tantangan bagi Baznas Kabupaten Bone. Makanya saat ini, kita bekerja sama dengan MUI, Kemenah Bone dan UPZ yang ada di desa maupun kecamatn untuk mengedukasi masyarakat kita betapa pentingnya menunaikan zakat. Termasuk saat ini pemerintah tengah berupaya melahirkan sebuah Perda terkait zakat,” imbuhnya. (Ilham Iskandar)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *