banner 728x250

Berita  

Antisipai Covid-19, Kaswadi Himbau Warga Tanam Hortikultura

kaswadi razak himbau warga tanam hortikultura
Bupati Soppeng, Kaswadi Razak

bukabaca.id, Soppeng – Bupati Soppeng A Kaswadi Razak mengeluarkan surat edaran, yang didalamnya berisi himbauan ditujukan kepada pejabat tingkat Camat hingga kepala desa se-Kabupaten Soppeng, Kamis (16/04/2020).

Dalam surat edaran 521/497/Pertanian/IV/2020, Kaswadi menghimbau agar masyarakat melakukan pemanfaatan lahan pekarangan, untuk menanam tanaman hortikultura seperti Sayuran, umbi umbian, buah, dan Toga. Hal itu sebagai antisipasi dampak dari virus Covid 19.

Dalam isi suratnya ada 4 poin himbauan sebagai berikut:

  1. Melakukan kegiatan dalam mengoptimalkan fungsi pekarangan atau lahan di sekitar kediaman masing-maaing untuk melakukan Gerakan Menanam Tanaman Hortikultura, antara lain:

a. Umbi-Umbian (Ubi Kayu, Ubi Jalar. dll)
b. Tanaman Sayuran (Tomat, Cabe, Sawi, Kangkung. Kacang Panjang, Terong;
c . Tanaman Obat Utama (kunyit, Kencur, Temulawak, Jahe dan Lengkuas).

  1. Bagi masyarakat yang akan melakukan kegiatan pemanfaatan pekarangan dengan penanaman tanaman hortikultura sebagaimana dimaksud pada angka 1 di atas dengan pendekatan pola pekarangan dapat menghubungi petugas Penyuluh Pertanian lapangan (PPL) setempat untuk fasilitasi teknologi dan inovasi pola pekarangan.
  2. Untuk fasilitasi benih/bibit hortikultura terutama sayuran maka Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Soppeng akan menyiapkan benih/bibit sayuran (kangkung, sawi, tomat, terong, kacang panjang, cabe rawit) untuk setiap Desa/Kelurahan dalam wilayah Kabupaten Soppeng.
  3. Dengan pemanfaatan pekarangan secara optimal melalui inovasi dan teknologi tanaman hortikultura (Sayuran, Umbi-umbian, Buah dan Toga) maka hal ini dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangannya sendiri sekaligus bisa memperoleh penghasilan tambahan dalam rangka pemenuhan kebutuhan sehari – hari terutama selama masa wabah virus corona masih berlangsung.(Muh Ikhlas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *